Kamis, 09 Maret 2017

PENGENALAN HARDWARE

1. Apa Perbedaan motherboard mATX dan ATX?


A.     ATX :
  1. ATX ( Advanced Technology eXtended ) adalah bentuk motherboard yang dikembangkan oleh Intel pada tahun 1995.
  2. Dibuat untuk memperbaiki standart sebelumnya dari AT form factor. 
  3. biaya yang dikeluarkan menjadi lebih rendah.
  4. Sebuah ukuran penuh papan ATX adalah 305 × 244 mm (12 × 9,6 di dalam).
5.      
B.     MATX:
  1. Micro ATX adalah standar untuk motherboard yang diperkenalkan pada Desember 1997.
  2. Ukuran maksimum sebuah motherboard microATX adalah 244 mm x 244 mm, tetapi beberapa papan microATX dapat sekecil 171,45 mm x 171,45 mm.

2. Sebutkan perbedaan memory DDR 3 dan DDR 4?

1.       DDR4 adalah penerus dari DDR3.
2.       DDR3 diperkenalkan kembali pada tahun 2007, sementara DDR4 diperkenalkan pada tahun 2014.
3.       DDR3 mendukung kepadatan memori hanya sampai 8 GB, tapi DDR4 mendukung memori kepadatan hingga 16 GB.
4.       Para kecepatan atau frekuensi RAM DDR4 yang jauh lebih tinggi daripada frekuensi modul DDR3. Hal ini membuat DDR4 lebih cepat dengan menyediakan kecepatan transfer yang lebih baik.
5.       DDR3 bekerja pada tegangan 1.5V sedangkan DDR4 bekerja pada tegangan rendah, yang 1.2V sehingga lebih hemat daya.
6.       Ada versi khusus dari kedua DDR3 dan DDR4 disebut standar tegangan rendah, yang menggunakan tegangan rendah listrik maka lebih rendah. Standar tegangan rendah dari DDR3 menggunakan 1.35V ketika sedang 1.05V untuk DDR4.
7.       modul DDR3 hanya 240 pin, tapi modul DDR4 memiliki 288 pin.
8.       Keduanya DDR3 dan DDR4 memiliki modul berukuran lebih kecil dikenal sebagai SO-DIMM yang digunakan untuk perangkat mobile seperti laptop. SO-DIMM DDR3 memiliki 204 pin sedangkan SO-DIMM DDR4 memiliki 260 pin.
9.       modul memori DDR3 tidak kompatibel dengan slot DDR4 dan modul DDR4 tidak kompatibel dengan slot DDR3.
10.    Slot DDR3 dan DDR4 ditempatkan di tempat yang berbeda sehingga mereka tidak akan keliru untuk menempatkan slot.
11.    DDR3 hanya mendukung 8 bank memori internal, tetapi DDR4 mendukung 16 bank memori.

3. Apa yang dimaksud dengan SLI dan CROSSFIRE ?
  
  1. SLI
            SLI (Scan Leave Interface) pertama kali diperkenalkan oleh 3dfx pada tahun 1998 dengan graphics card mereka yaitu Voodo 2. Hingga pada saat ini membuat banyak GPU (Graphics Processing Units) bekerja bersamaan pada 1 output.Cara kerja Scan Leave Interface pada 3dfx berbeda dengan SLI (Scalable Link Interface) sekarang. Pada Scan Leave Interface masing-masing GPU mengerjakan line yang berbeda. Bisa dibilang GPU1 mengerjakan line ganjil, dan GPU2 mengerjakan line genap.
            Pada tahun 2004 Nvidia membeli 3dfx dan teknologi SLI setelah itu dengan beberapa pembaruan konsep pada Scan Leave Interface maka munculah teknologi Scalable Link Interface.
Intinya teknologi SLI adalah menggabungkan VGA sejenis dalam satu computer untuk meningkatkan kemampuan VGA tersebut.Penggabungan SLI ini tidak dapat sembarangan dilakukan pada setiap computer karena untuk menjalankan fitur SLI ini harus menggunakan motherboard yang support dengan fitur SLI tersebut dan yang terpenting menggunakan SLI bridge.


  1. Crossfire 
  Sebagai rival ATi tentu tidak akan tertinggal dibelakang. Perbedaan terbesar antara CrossFire dan SLI adalah video cards tidak memerlukan GPU yang sama. Tetapi ada limitasi ketika memakai kedua GPU tersebut.
            Secara garis besar sebenarnya teknologi SLI dan CrossFire tidak jauh berbeda yaitu sama – sama menggabungkan dua atau lebih VGA add on untuk meningkatkan kemampuan VGA.

 Generasi Pertama (CrossFire)
  1. Masalah pertama mereka membutuhkan Master Graphics Cards yang biasanya disebut CrossFire Edition yang berbeda dengan regular model dan dijual terpisah. Contohnya adalah X850 CrossFire Edition dan X850 XT. Anda tidak dapat memasang X850 XT 2 buah untuk CrossFire.
  2. Masalah kedua adalah mereka membutuhkan external cable untuk berkomunikasi yang biasanya disebut DMS. Bentuknya sama dengan DVI tetapi mereka memiliki lebih banyak pin.
    Versi CrossFire ini bisa mendapatkan resolusi hingga 2560×1600, sama dengan SLI.
     
Generasi Kedua (Native CrossFire)
  1. Generasi kedua dari CrossFire telah menyelesaikan 2 masalah utama dari generasi sebelumnya. Yaitu dengan meniadakan Master card dan sudah menggunakan Native CrossFire bridge untuk jalur komunikasi antar graphics card.
    Native CrossFire bisa mendapatkan resolusi hingga 2560×2048. Meningkat dari generasi sebelumnya.
2.       Generasi Ketiga (CrossFireX)
  1. Generasi terakhir dari CrossFire, dimana Native CrossFire bisa dipasang pada 4 graphics cards.
  2. Akhir-akhir ini AMD sering menyebut CrossFire menjadi CrossFireX.







Laporan Perangkat Keras (Hardware) Pada CPU




Disusun Oleh Kelompok F :

Devi Febrita Sari Hoesadha / 064001600020
Zulfannullah / 064001600015
Tri Cendekia Dewi /065001600014
Novenia Eka Warestika / 065001600015


Teknik Informatika 
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Trisakti
Jakarta-Indonesia
2017


I.   Deskripsi
Mengidentifikasi dan menjelaskan fungsi – fungsi hardware yang ada pada CPU

II.  Kompetisi Dasar
Menjelaskan fungsi masing – masing dari hardware

III. Teori Singkat
            Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

            Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

A.    Alat Input
B.     Alat Proses
C.     Alat Penyimpanan
D.    Alat Output
E.     Alat Komunikasi


A. ALAT INPUT

            Alat input Merupakan perangkat yang berfungsi untuk masukan, dan sering disebut juga dengan istilah input unit, alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program. Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai terminal. Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung (direct input) dan tidak langsung (indirect inpu

1.                  Alat Input Langsung : 
a)   Keyboard
b)   Scanner
c)   Sensor
d)   Voice recognize
e)   Pointing device 
f)    dll.

2.                  Alat Input Tidak Langsung:
            a) Punch Card
            b) Pita Magnetic 
            c) Disk Magnetic


B. ALAT PENYIMPANAN

Beberapa Alat penyimpanan data yang saat ini banyak digunakan yaitu :

1.               Disket,
2.               FlashDisk,
3.               CD R/RW,
4.               DVD R/RW,
5.               Harddisk,
6.               MMC dan masih banyak lagi yang lainnya.

            Main memory :
Mengacu pada memori fisik yang bersifat internal kekomputer. Kata utama yang digunakan untuk membedakannyadari perangkatpenyimpanan massal eksternal seperti hard disk. Istilah lain untuk memori utama adalah RAM. atau dalam artian lain digunakan untuk menyimpan intruksi dan data yang akan diproses dan dari hasil pengolahan.

            Register Memory : Register unit kecil dari memori yang hidup pada CPU.Mereka terus unit kecil data, seperti karakter sumber dan tujuan untukbergerak string, atau alamat pointer. Mereka biasanya tidak ada yang berpikirtentang tetapi yang hidup beberapa programmer bahasa assembly dan desainer compiler atau bisa juga dipergunakan untuk menyimpan intriuksi dan data yang sedang diproses. 
   
Memori eksternal yang kadang-kadang disebut toko dukungan atau memorisekunder, memungkinkan penyimpanan permanen dalam jumlah besar data.Beberapa metode rekaman magnetik pada disk magnetik atau kaset yangpaling sering digunakan. Baru-baru ini metode optik yang bergantung padatanda terukir oleh sinar laser pada permukaan disk (CD-ROM) telah menjadi populer, meskipun mereka tetap lebih mahal daripada media magnetik.Kapasitas memori eksternal yang tinggi, biasanya diukur dalam ratusanmegabyte atau bahkan dalam gigabyte (ribu juta byte) saat ini. Memori eksternal memiliki sifat penting bahwa informasi yang tersimpan tidak hilangsaat komputer dimatikan.atau dapat juga dikatakan untukmenyimpan program dan data secara permanen.

C. ALAT PROSES (Process Device)
 
            Proses merupakan instruksi atau perintah yang dikerjakan oleh komputer untuk menjalankan operasi data serta operasi aritmatik dan logika yang dilakukan pada data. Pemrosesan data dalam sebuah perangkat komputer dikerjakan oleh CPU (Central Processing Unit/ Unit Pengolah Pusat). Selama proses data, data tersebut diubah bentuk, urutan, dan strukturnya sedemikian rupa sehingga didapatkan hasil yang diinginkan. Hasil dari pemrosesan tersebut disimpan dalam media penyimpanan data. CPU pada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Micro¬processor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu (integrated circuit) sehingga tak heran kalau istilah processor seringkali digunakan juga untuk menyebut CPU

CPU sebagai Alat Proses
        Berdasarkan pemahaman di atas, CPU adalah perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan instruksi dan data dari perangkat lunak. Jadi, CPU berperanan sebagai pusat pengolahan data dan alat proses. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika logika (ALU). Selain itu, sebagai alat proses, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.

Unit kendali (control unit) berfungsi mengatur proses kerja komputer. Baik proses kerja di dalam CPU sendiri maupun di dalam hubungannya dengan input dan output device. Dengan adanya unit kendali, komputer akan bekerja secara benar dan tepat. Bila ada kesalahan maka akan muncul pesan kesalahan (error message).

Fungsi CPU
        CPU atau Central Processing Unit merupakan bagian terpenting dalam sebuah sistem komputer, dapat dikatakan bahwa CPU merupakan otak dari komputer itu sendiri. Sebuah komputer paling canggih sekalipun tidak akan berarti tanpa adanya CPU yang terpasang di dalamnya. Dalam kesehariannya CPU memiliki tugas utama untuk mengolah data berdasarkan instruksi yang ia peroleh. CPU sendiri sebenarnya masih terbagi atas beberapa komponen yang saling bekerja sama untuk membentuk suatu unit pengolahan. Terdapat empat komponen utama penyusun CPU, yaitu

1.Arithmetic and Logic Unit (ALU)
      2.Control Unit
      3.Registers
      4.CPU Interconnections

Berikut bagian-bagian dari CPU:

Motherboard



            Processor, RAM, VGA card, Harddisk dan perangkat lainnya tidak akan berguna di dalam sebuah CPU apabila tidak saling terhubung di dalam motherboard, atau juga sering dikenal dengan nama mainboard. Apabila diibaratkan sebagai sebuah kota kecil, motherboard diibaratkan sebagai tanah yang melanadasi berdirinya semua bangunan, seperti kantor walikota, DPRD, hingga perumahan-perumahan warga.
            Fungsi motherboard ini untuk menopang dan menyatukan semua perangkat keras komputer menjadi satu kesatuan. Inilah bagian dari CPU yang tak kalah pentingnya, layaknya sebuah pondasi untuk membangun kerangka yang sempurna, yaitu komputer.
Bentuk Fisik Motherboard
            Motherboard memiliki bentuk fisik sama seperti papan PCB yang biasa digunakan pada alat-alat elektronik lainnya. Memiliki bentuk persegi panjang, dengan ukuran yang sudah fixed. Seluruh komponen dan juga bagian dari CPU nantinya akan dipasang dan juga ditempatkan pada mainboard ini, untuk kemudian disambungkan satu sama lain, agar bisa bekerja dengan lebih baik.


Pengenalan Hardware pada CPU

1
. Proccessor

Proesor merupakan sebuah alat berbentuk chip kecil yang berguna untuk proses berfikir dan logika dari berbagai macam data. Itupun tentunya harus didukung dengan RAM dan Harddisk yang besar. penjalanan sebuah perintah komputer. Semakin tinggi kecepatan prosessor maka, semakin cepat komputer dalam memproses



2. PS/2 Port
Yaitu port untuk menghubungkan mouse dan keyboard. Port PS/2 berarti port yang biasanya terdapat pada panel belakang motherboar, yang digunakan untuk tempat sambungan atau hubungan dengan keyboard/mouse yang menggunakan konektor tipe PS/2. Port PS/2 untuk keyboard biasanya berwarna ungu, sedangkan port PS/2 untuk mouse biasanya berwarna hijau. kedua port ini berbeda fungsi walaupun tampaknya seakan-akan sama, yaitu ukuran/dimensinya sama dan memiliki jumlah lubang pin yang sama. Keduanya tidak saling kompatibel, artinya port PS/2 untuk keyboard tidak boleh digunakan untuk mouse, dan port untuk mouse juga tidak boleh digunakan untuk keyboard, sebab keduanya memilik set perintah yang berbeda.

3. Port Power Supply

Port ini digunakan untuk menghubungkan power supply dengan CPU . Atau sebagai penghubung komputer dengan listrik (colokan).

4. Parallel Port


Hasil gambar untuk port paralelParallel port atau biasa disebut dalam bahasa Indonesia adalah port paralel merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi sebagai alat komunikasi komputer (motherboard) dengan perangkat luar yang bersifat paralel. Pada port paralel, pemindahan informasi dapat dilakukan secara bersamaan sehingga informasi yang terkirim lebih banyak daripada port seri. Port paralel biasa dikenal dengan Printer Port atau Centronics Port. Fungsi port paralel adalah sebagai penghubung motherboard dengan Printer jenis lama, Zip drive, beberapa Scanner, Sound Cards, Web Cams, Gamepads, Joystick, pemrograman EPROM, peralatan SCSI melalui adapter paralel ke SCSI, percobaan dengan TTL 12 driver, dan External CD-R atau CD-RW. Selain itu, port paralel juga digunakan sebagi uji coba sederhana dalam perancangan peralatan elektronika.

5. VGA Video Port
Port ini menghubungkan monitor dengan CPU dan membuat monitor menampilkan isi dari cpu tersebut . Seperti menampilkan gambaran isi CPU ke komputer lewat monitor.

6. USB

 Menurut bahasa, Port USB terdiri dari dua kata, yang pertama Port adalah tempat untuk memasukkan kabel / peripheral lainnya ke computer kita, serta USB merupakan singkatan dari Universal Serial Bus dengan makna lain dapat dikatakan standar interface sebuah device, dengan kata lain pengertian dari Port USB adalah hubungan serial antara periferal dengan komputer. Port USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scenner, printer, mouse, papan ketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer kita.


7. Network Port (RJ-45 Gigabit LAN)
Port ini digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya (jaringan LAN) Juga berfungsi menghubungkan CPU dengan jaringan komputer. Port ini juga biasa digunakan untuk menyambungkan komputer dengan internet. RJ45 adalah jenis konektor yang digunakan untuk koneksi Ethernet pada komputer dan perangkat jaringan Ethernet lainnya seperti router, modem, dan perangkat lain mendukung interface Ethernet. 

8.  Port ini berfungsi menghubungkan peralatan audio, terdiri dari 3 macam :


·                     Line in (biru) : dihubungkan dengan tape recorder.
·                     Line out (hijau) : dihubungkan dengan speaker
·                     Mic (merah) : dihubungkan dengan mic.




9. Kipas Processor



Fungsi utama dari sebuah kipas komputer adalah mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke dalam sistem. Kipas pendingin ini telah dirancang agar sesuai ditempatkan pada motherboard atau hard disk drive. Ada sekitar 3 atau 4 baling-baling kipas pada CPU.kipas tersebut tidaklah cukup untuk meredam panas yang dihasilkan oleh CPUTetapi fungsi itu dapat terganggu oleh debu yang menempel pada baling-baling kipas pendingin CPU. Debu tersebut sedikit demi sedikit akan mengurangi kinerja kipas pendingin tersebut karena semakin banyak debu yang menempel maka akan semakin berat putaran pada kipas pendingin.

10. RAM


            RAM  (Random Access Memory). Berfungsi menampung data yang telah terproses oleh processor sebelum di alirkan kebagian-bagian yang membutuhkan, banayknya pengembangan yang dilakukan pada bagian ini membuat kita lebih mudah dalam pemilihan ram yang cocok untuk pekerjaan kita, apalagi sekarang hampir semua merk menerapkan sistem garansi lifetime pada ram.4 .Chipsetmengatur komunikasi antara komponen. Chipset dibagi menjadi dua bagian. Chip pertama disebut “Nort Bridge” yang dapat mengatur komunikasi antara AGP, RAM, Processor, dan “South Bridge” pada chipset. Dan bagian chip yang kedua adalah “South Bridge” yang dapat mengatur semua inputan dan output pada komputer, termasuk PCI dan ISA bus. Processor, Memori (RAM), Cache, dan Chipset bekerja bersama untuk mengaktifkan fungsi komputer.


11. Floppy Disk Drive

Floppy Disk (Disk Drive) adalah alat untuk membaca disket sebagai tempat menulis dan menyimpan data serta menjalankan sistem operasi dan aplikasi. Pada tahun 1990-an sampai dengan 2002 masih banyak menggunakan disket sebagai media penyimpanan data dan menjalankan sistem operasi dan aplikasi. Jenisnya terdiri dari 5.1/4 inci (ukuran besar) = 360-720 kb dan 3.1/5 inci (ukuran kecil) = 1,4 Mb. Sejak tahun 2003 sampai sekarang, alat yang satu ini mulai tidak digunakan lagi, karena kebanyakan orang lebih suka menggunakan flashdisk atau CD/DVD bahkan eksternal harddisk dan memory card.
12. VGA Card     
VGA Card atau yang sering kita kenal dengan istilah Graphic Card juga merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah CPU. Tanpa adanya VGA Card ini maka kita sebagai user tidak akan bisa melihat tampilan dari komputer di dalam layar display. VGA Card membantu menampilkan semua proses yang terjadi di dalam CPU ke dalam display komputer user
Dukungan Terhadap VGA Card
Untuk dapat memaksimalkan fungsi VGA Card, maka setiap CPU akan dilengkapi dengan port VGA, yang digunakan untuk menyambung CPU dengan display unit, seperti monitor atau projector. Dengan adanya port VGA, maka CPU dan juga display unit bisa terhubung dengan menggunakan VGA Card, dan anda sebagai user bisa melihat tampilan display dari CPU anda.

13. Slot PCI 

Slot PCI adalah kepanjangan dari peripheral Component interconnect.yaitu bus yang didesain untuk menangani bebrapa perangkat keras. tujuan di bentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan oleh IBM PC atau kompatible lainnya.
Komputer lama menggunakan slot ISA yang merupakan bus yang lamban, sejak kemunculannya sekitar tahun 1992. Slot / bus PCI ini masih di gunakan sampai sekarang, haingga sampai keluar versi terbarunya yaitu PCI express. Slot PCI yang lama bisa di gunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk pemasangan Tv tuner, Sound card,USb card dll.

14. Sound card  
Sound Card berfungsi sebagai prosesor audio untuk PC anda. Analog atau sinyal digital yang masuk ke dalam input kartu dan digital diinterpretasikan sebagai algoritma yang pada gilirannya ditafsirkan sebagai bentuk gelombang dan menghasilkan sinyal sonik dalam output dari kartu suara komputer. Kartu suara adalah perangkat yang dipasang berjalan pada sistem komputer Anda, dengan sifat keras diprogram dan driver perangkat terpisah. Kartu suara mengontrol semua audio pada komputer.


15. NorthBridge 
NorthBridge adalah bagian yang menghubungkan proses (CPU) ke sistem memory dan grapichs controller (AGP & PCI EXPRESS) melaui bus berkecepatan tinggi, dan ke southbridge dengan demikian, nortbridge bertugas mengendalikan / menangani komunikasi antara CPU, RAM, atau PCI EXPRESS,dan SOUTHBRIDGE.

16. Casing CPU
Satu lagi bagian-bagian CPU yang mungkin sering dilewatkan, yaitu casing. Ya, casing, merupakan kotak yang biasanya terbuat dari alumunium, yang digunakan untuk menempatkan keseluruhan pernagkat dan juga bagian dari CPU
Fungsi dari Casing
Selain dapat membantu mempercantik tampilan dari sebuah komputer, dan juga agar keseluruhan sistem komputer terlihat rapih, casing juga memiliki andil yang sangat besar untuk membantu proses pendinginan. Beberapa casing senagaj di desain untuk mengakompdir kebutuhan dari komputer dan juga CPU dengan spesifikasi tinggi. Jadi, jangan sembarangan dalam memiliki casing, karena akan berdampak pada keseluruhan sistem komputer yang anda buat.

IV. Data Percobaan



      I.       












V. Kesimpulan
        Setelah  melakukan praktikum ini , kami menjadi tahu dan mengenal bagian-bagian pada CPU mulai dari Motherboard hingga Casing CPU itu sendiri termasuk tugas dan kewajiban setiap bagian hingga peletakan pada CPU itu sendiri. Mengenal bagian-bagian CPU itu sangat diperlukan untuk pengetahuan sekaligus menjadi skill kita ketika ada kerusakan atau membersihkan CPU. 

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Teknik Informatika

Teknik Informatika

UNIVERSITAS TRISAKTI


Popular Posts

Categories

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Blogroll

Homer Simpson

About

Copyright © N.E.W | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com