Kamis, 02 Maret 2017

CARA INSTALLASI DAN PEMBUATAN JARINGAN SEDERHANA MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER



PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER
CARA INSTALLASI DAN PEMBUATAN JARINGAN SEDERHANA MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER


Disusun Oleh Kelompok B :

Dhia Nadira (064001600010)
Zulfannullah (064001600015)
Devi Febrita S. H. (06400160002)
Tri Cendekia Dewi (065001600014)
Novenia Eka Warestika (065001600015)








Teknik Informatika
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Trisakti
Jakarta – Indonesia
2017









TUJUAN

Laporan ini dibuat untuk menyelesaikan praktikum matakuliah Jaringan Komputer. Dengan adanya laporan ini dapat berguna sebagai panduan dalam pemasangan software Cisco Packet Tracer dan penggunaannya secara sederhana.



TEORI PERCOBAAN

Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.
Packet Tracer biasanya digunakan siswa Cisco Networking Academy melalui sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA). Dikarenakan batasan pada beberapa fiturnya, software ini digunakan hanya sebagai alat bantu belajar, bukan seabagai pengganti Cisco routers dan switches.
Fungsinya adalah untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan yang akan di terapkan pada dunia nyata/kerja, karena kalau kita merancang topologi jaringan komputer tanpa bantuan aplikasi seperti ini bisa  membutuhkan biaya yang mahal. Makanya cisco membuat aplikasi seprti ini agar orang dapat belajar tanpa membutuhkan biaya yang mahal.



LANGKAH - LANGKAH INSTALASI DAN PEMBUATAN JARINGAN SEDERHANA



1.  Download aplikasi Packet Tracer 7064.
2. Instal Packet Tracer sesuai dengan prosedur sampai selesai





















3. Setelah berhasil diinstall, buka aplikasi dengan menggunakan "Guest Login"


4. Untuk percobaan, dimulai dengan menambahkan komponen yang terdapat pada bagian kiri bawah. Pertama, tambahkan switch atau HUB, lalu tambahkan 1 Server dan Komputer Client klik pada icon yang berbentuk Komputer, lalu atur pada tempat yang disediakan (jumlah bebas, namun di sini kami memakai 3 buah PC) 



5. Kemudian hubungkan semua komponen menggunakan kabel, karena menggunakan perantara Switch atau HUB maka gunakan kabel Straight. Pilih dan jenis kabel (Coopper Straight-Through) kemudian klik pada salah satu komponen, sehingga muncul jenis port (Fast Ethernet) yang terdapat pada komponen tersebut, klik pada jenis port tersebut. Lakukan pada semua komponen hingga terhubung

6.  Klik pada icon server yang sudah dibuat. Kemudian setting IP server. Pilih Config, lalu pada menu sebelah kiri klik DHCP. Isi Start IP Address sesuai kebutuhan (192.168.1.1), dan Subnet Mask. Kemudian tentukan banyak maksimal user dengan mengisi Maximum number of user. Setelah itu klik save. Lalu pada menu sebelah kiri pilih Fast Ethernet. Isi IP Address untuk IP Server dan Subnet Mask (biarkan default). Lalu Close. 




7.   Selanjutnya, setting satu per-satu PC agar terhubung dengan server. Klik icon PC – pilih Config kemudian pada menu sebelah kiri pilih FastEthernet0. Ganti IP Configuration menjadi DHCP agar PC mendapat IP Address otomatis dari server. Kemudian Close. (Lakukan pada semua PC 1, 2, 3)


8. Setelah semua selesai, cek apakah semua koneksi terhubung lancar, dengan cara klik icon pesan si bagian kanan. Kemudian klik pada salah satu PC sehingga pada Icon PC terdapat gambar pesan. Lalu klik pada salah satu PC yang lainnya.  Untuk melihat proses berjalannya data, klik Simulation pada bagian kanan dibawah icon pesan. Kemudian klik Auto Capture / Play sehingga proses pengiriman dan penerimaan data akan berjalan dengan sendirinya. 




KESIMPULAN

Berdasarkan hasil percobaan tersebut, Packet tracer berfungsi untuk melakukan simulasi jaringan dengan merangkai dari awal semua komponen sampai simulasinya, tanpa menggunakan komponen asli. Hal ini sangat berguna karena dapat mengurangi penggunaan biaya yang dibutuhkan.


link video youtube :


1 komentar:

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Teknik Informatika

Teknik Informatika

UNIVERSITAS TRISAKTI


Popular Posts

Categories

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Blogroll

Homer Simpson

About

Copyright © N.E.W | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com